SELAMAT KEPADA MAHASISWA PGSD YANG LULUS SELEKSI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4

KAMPUS MENGAJAR 4

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuka penerimaan untuk program Kampus Mengajar angkatan 4. Periode pendaftaran sudah berlangsung mulai 25 mei hingga 5 Juni 2022. Pada tahun ini, Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi 15.000 mahasiswa untuk ikut bergabung menjadi peserta program Kampus Mengajar angkatan 4 yang akan diterjunkan ke 3.000 SD dan SMP di seluruh Indonesia.

Program ini menitikberatkan pada kontribusi mahasiswa dalam mentransfer ilmu serta inspirasi kepada para siswa di sekolah untuk melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang tertinggi. Kesempatan ini bisa menjadi momen di mana mahasiswa bisa melihat keberagaman budaya di Indonesia selama kurang lebih satu semester. Selain itu, program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi (revitalisasi). Melalui program Kampus Mengajar ini, mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka.

Adapun Seleksi Penerimaan Program Kampus Mengajar Angkatan 4 sendiri mempersyaratkan kepada mahasiswa beberapa hal, seperti:

  • Mahasiswa berstatus aktif program S1 dan vokasi D3/D4 dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
  • Minimal semester 4 pada tahun ajaran 2022/2023
  • Belum pernah diterima di angkatan-angkatan sebelumnya atau di Kampus Mengajar Perintis.
  • IPK paling rendah 3,0 dari skala 4,0
  • Berasal dari program studi yang terakreditasi
  • Diutamakan mempunyai prestasi, pengalaman mengajar, serta berorganisasi. Ketiga hal ini merupakan poin tambahan.
  • Memiliki surat rekomendasi dari program studi dan diketahui pimpinan perguruan tinggi.
  • Mempunyai nomor induk siswa nasional atau NISN yang terdaftar di Dapodik dan diverifikasi pada akun Kampus Merdeka atau MBKM.

Alur linimasa Program Kampus Mengajar Angkatan 4 sendiri dimulai pada 25 Mei-12 Juni 2022 yakni periode Pendaftaran, 26 Mei-7 Juli 2022 Periode Seleksi, 8 juli 2022 Pengumuman, 11-27 Juli 2022 masa Koordinasi dengan Dinas dan Sekolah, 11-27 Juli 2022 Pembekalan, 28 Juli 2022 Pelepasan Mahasiswa, 1 Agustus-2 Desember 2022 Masa Penugasan, hingga Penarikan Mahasiswa pada 5 Desember 2022.    

Adapun hasil proses seleksi, terdapat 10 dari 12 mahasiswa pendaftar dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD) STKIP PGRI Bandar Lampung yang dinyatakan lulus seleksi dan menerima program tersebut. Berikut daftar nama mahasiswa Prodi PGSD STKIP PGRI Bandar Lampung dan lokasi penempatan Program Kampus Mengajar 4:

1. Anisa urrohmah – NPM 19160012 – SDN 9 NEGERI KATON

2. Alfina Destia Rahma Dhani – NPM 19160003 – SDN 9 NEGERI KATON

3. Indah Fransiska – NPM 19160054 – SDN 1 GARUNTANG

4. Lingling Sekar Ayu – NPM 19160063 – SDN 2 SUKAMERINDU

5. Arum Heti Pratiwi – NPM 19160017 – SD 3 WAY LAGA

6. Gita Yolanda – NPM 19160048 – SDN 3 PARDASUKA

7. Gede Liska – NPM 19160045 – SDN 2 TANJUNG RATU

8. Yuni Lina Sari – NPM 19160122 – SDN 2 PESAWAHAN

9. Fauziyah Faadhilah Putri – NPM 19160037 – SDN 3 KETEGUHAN

10. Maharani Dwi Safitri – NPM 19160071 – SD 1 GARUNTANG

Titik fokus pembekalan program Kampus Merdeka Batch 4 ini mencakup Rambu-rambu Kegiatan Mahasiswa di Sekolah selama Program. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan pemantapan kegiatan mengajar seperti mengidentifikasi materi ajar, merancang perencanaan, mendiskusikan perencanaan yang sudah dibuat bersama rekan sejawat dan pihak sekolah, merefleksi kegiatan pembelajaran, serta Membuat laporan harian dan mingguan dengan mengisi logbook harian di aplikasi MBKM. Selain itu kegiatan Non-mengajar seperti pengelolaan administrasi dapodik, pembinaan ekstrakurikuler dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut di atas dilaporkan dalam kegiatan harian dan mingguan.

Dalam menjalankan program ini mahasiswa juga di dukung oleh pembiayaan yang besarannya sudah di atur dalam regulasi MBKM. Kurang lebih terdapat dua bantuan, yakni bantuan biaya hidup dan bantuan biaya kuliah selama program berlangsung.

“Melihat pentingnya kegiatan ini, besar harapan kami seluruh peserta mahasiswa dapat menjalankan amanah tersebut sebaik mungkin. Sebab, suksesnya kiprah para mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar tersebut bisa menjadi portofolio baik untuk pribadi juga institusi tercinta STKIP PGRI Bandar Lampung. Sekedar informasi tambahan, bahwa selain mahasiswa ada pula beberapa dosen STKIP PGRI Bandar Lampung yang menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam Program tersebut. Mudah-mudahan semua civitas akademika dapat selalu konsen meningkatkan integritas diri melalui program-program semacam ini.”  Pengelola Program Studi PGSD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by Prodi PGSD

× Kirim pesan.